Langsung ke konten utama

Recount Text

Pengertian

Recount Text merupakan suatu teks yang menjelaskan suatu cerita, aksi dan juga aktivitas dengan tujuan untuk menghibur sekaligus memberi informasi terhadap pembaca.

Jenis teks yang satu ini juga dapat diartikan sebagai sebuah teks yang menceritakan ulan mengenai kejadian atau pengalaman yang ada di masa lampau.

Ciri-Ciri kebahasaan/ Language features

  • Memakai kalimat past tense. Contoh: spent my summer in Jakarta and I was very happy. (Kejadian lampau atau sudah terjadi).
  • Memakai action verbs. Contoh : spent, went, brought, run, eat, go, took, dll
  • Memakai adverb serta adverbial phrase untuk menerangkan waktu, tempat serta cara. Contoh: last month, in Malang, lately, etc.
  • Fokus pada objek tertentu. Sebagai contoh saya (penulis).
  • Memakai conjunction serta time connectives untuk menjelaskan urutan kejadian/ waktu. Contoh: and, after that, or, on Monday, on Sunday, etc.

Struktur (Generic Structure of Recount Text)

Recount Text mempunyai 3 struktur utama, diantaranya seperti:

1. Orientation (Pembuka)

Memberikan informasi mengenai latar belakang yang dibutuhkan untuk dapat memahami sebuah teks, seperti siapa yang terlibat, dimana hal tersebut terjadi, serta kapan hal itu berlangsung.

Contoh:

Yesterday I stayed the night at my friend’s house, Delia, with my other three friends, Amanda, Tiara and Clarisse. Delia’s house is so pretty.

It has a big garden with a lot of kind of flowers and a big swimming pool. Right from the balcony, we can see the scenery of the whole of Bandung city

Terjemahan:

Kemarin aku nginep di rumah Delia, dengan tiga teman aku yang lainnya yang bernama, Amanda, Tiara, dan juga Clarisse. Rumah Delia sangatlah cantik.

Rumahnya terdapat sebuah taman besar lengkap dengan beragam jenis bunga serta kolam renang yang besar. Tepat dari sisi balkon, kita dapat melihat pemandangan seluruh kota Bandung

2. Event (Isi)

Adalah sebuah rekaman kejadian yang berlangsung atau serangkaian acara yang kemudian disusun dengan urutan kronologis.

Sebagai contoh: “In the first day… . And in the next day… . And in the last day… .” 

Di bagian tersebut juga terdapat komentar pribadi mengenai kejadian atau peristiwa yang disebutkan.

Contoh:

When we first arrived at 8 AM, Delia has welcomed us and asked us to get around the house as she explains all the room inside her home along with its function.

After walking around the house, we gathered at Delia’s room to put our things. Then, we go to the garden and have some tea while chatting with each other.

At 12 PM, Delia asked us to eat the lunch prepared by the chef. The food was delicious. It was a traditional food from Korea. After lunch, we decided to go swimming.

We had a good time.  Around 5 PM, we cleaned ourselves and prepared for a BBQ session for the night. We ate a lot of meat and saw the city lights of Bandung City. 

Right by 11 PM, we got back to the house and sat in a circle in Delia’s room to talk and have some discussion.

Terjemahan:

Pada saat kami pertama kali sampai pukul 8 pagi, Delia menyambut kami serta meminta kami untuk berkeliling rumah sembari menerangkan seluruh ruangan di dalam rumahnya sekaligus fungsinya.

Selepas berjalan di area rumah, kami kemudian berkumpul di kamar Delia untuk menaruh barang – barang kami. Lalu, kami pergi ke arah kebun untuk minum teh sembari mengobrol dengan yang lain.

Pada pukul 12 siang, Delia kemudian meminta kami makan siang yang telah disiapkan oleh koki. Makanannya sangat enak. Makanan tersebut merupakan makanan tradisional dari negara Korea. Sesudah makan siang, kami memutuskan untuk berenang.

Aktivitas kami sangat seru. Sekitar pukul 5 sore, kami kemudian membersihkan diri serta bersiap untuk sesi BBQ di malam itu. Kami makan banyak daging sambil melihat lampu – lampu kota Kota Bandung.

Tepat pada pukul 11 malam, kami kembali ke rumah serta duduk melingkar di kamar Delia untuk berbincang – bincang.

3. Reorientation (Penutup/ kesimpulan)

Tahapan terakhir ini adalah tahapan pengulangan dari pengenalan yang ada pada tahap pertama. Pengulangan ini akan dirangkum seluruh peristiwa yang diceritakan.

Kalian dapat menulis opini atau komentar kepada peristiwa yang sudah terjadi.

Contoh:

We finally go to sleep around 2 AM, it was late, but we had so much fun. I would love to go back to Delia’s house.

Terjemahan:

Kami akhirnya tidur sekitar jam 2 pagi, sudah malam, namun kami bersenang – senang. Saya ingin kembali ke rumah Delia.


Jenis teks recount
1. Personal Recount
Personal recount merupakan recount text dengan fungsi untuk menceritakan mengenai pengalaman pribadi dari si penulis.

Sebagai contoh pengalaman liburan, menikah, dan lainnya.

2. Imaginative
Imaginative merupakan jenis recount text dengan fungsi untuk menyajikan suatu kisah imaginatif. Kemudian dituangkan ke dalam cerita peristiwa atau kejadian yang sudah terjadi.

3. Factual Recount
Factual recount merupakan jenis recount text dengan fungsi untuk menyajikan laporan peristiwa yang benar – benar berlangsung/ fakta.

Sebagai contoh laporan ilmiah, laporan percobaan ilmu pengetahuan, laporan kehilangan dan lainnya.

4. Historical Recount
Jenis satu ini menceritakan mengenai sejarah baik itu tempat bersejarah hingga benda bersejarah. Sebagai contoh cerita candi Prambanan, Taj Mahal, The Battle of Surabaya, Proclamtion of Indonesian day.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Six Types of Good Captions

 CONTOH CAPTION  DALAM BAHASA INGGRIS BERDASAR JENISNYA Pengertian caption dalam bahasa inggris ini tidak akan mudah dipahamai tanpa mempelajari jenis caption. Pertanyaan “apa itu caption dalam bahasa inggris” sebenarnya tidaklah sulit dijawab kalau kita sudah belajar caption bahasa inggris kelas 12 yang meliputi example of caption text, caption text example, dan contoh caption materi bahasa inggris. Intinya caption text adalah tulisan penjelas pada gambar. Caption dalam bahasa Inggris dan gambarnya itu dibedakan menjadi 6 jenis.  A. Contoh Caption Identification Bar Seperti dijelaskan diatas bahwa jenis caption identification bar adalah jenis caption bahasa Inggris yang hanya menyatakan siapa yang ada dalam gambar tersebut, contohnya dibawah ini. Gambar seorang bintang berpose didepan Taj Mahal ini diambil dari news18.com caption 1 identification bar  B. Contoh Caption Cutline Caption jenis cutline ini adalah yang paling sering kita temukan dalam gambar dan tulisan pada koran dan medi

UAS Genap English XI SMA 2016

YAYASAN PENDIDIKAN BAKTI JEBUS SMA BAKTI PARITTIGA Lembar Soal SUBJECT : ENGLISH DAY/DATE : 01 /June/2016 CLASS/SEMESTER : XI IPA-IPS/Genap TIME : 90 MINUTES Choose a, b, c, d, or e the Correct Answer! 1. Daughter: Mom, thanks for everything you do for me. Nothing compares to you in my life. I love you, Mom. Mother: ___________ , my dear. a. Don’t be sad b. I am glad you like it c. I love you, too d. It is shameful e. Take it easy 2. Toni: Fashion develops very fast these days. __________________? Beni: I think is is a good chance to start a fashion bussiness. a. How about b. What about c. What do you think of d. Do you know e. What is your view 3. Rini: Don’t be too hard on yourself. It’s not the end of the world. Siska: You will not understand me. Just leave me alone! The bold type expresses Siska’s .... a. Anxiety b. Fear c. Sadness d. Love e. Relief 4. Xien: You should not scream at the man. Yuen: He plays the cassette too loudly. ______________ . a. I am afraid of h

Caption for Examples

These are some examples of Photos/Images Captions ( Sumber: Google.com)