Langsung ke konten utama

Analytical Exposition

Analytical Exposition /Persuasive/Argument Text adalah jenis teks yang digunakan untuk membujuk pembaca.
Strukturnya adalah:
1. Thesis: introduces topics and indicates the writer's position. "preview of arguments".
2. Arguments: consists of point and elaboration (uraian /rincian)  sequence.
3. Reiteration : restates writer's opinion.
Example text:
[Title] The Importance  of English Language
[Thesis] I personally think that English is the world's most important language.  Why do I say that?
[Arguments: 1] Firstly, English is an international language. It is spoken by many people all over the world,  either as a  first  or second  language.
[Arguments: 2] Secondly, English also the key which opens doors to scientific and technical knowledge.
[Arguments: 3]Thirdly,  English is a top  requirement of those seeking Jobs. 
[Reiteration] From the facts above, it is obvious  that everybody needs to learn English to greet  the global era.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Project Base Learning (PBL): Pembelajaran Berbasis Proyek

Sumber bacaan: https:/id.m.wikipedia.org Pembelajaran berbasis proyek  ( Project Based-Learning atau PBL ) adalah metoda pembelajaran yang  menggunakan proyek/kegiatan sebagai media.  Peserta   didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan  informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. [1] Pembelajaran berbasis proyek merupakan strategi tertentu dalam pembelajaran yang mengubah atau membalikkan wajah kelas tradisional. Maksudnya melalui pembelajaran ini, pembelajaran di kelas yang umumnya menggunakan pembelajaran konvensional menjadi lebih inovatif. Dalam pembelajaran berbasis proyek, peserta didik melakukan investigasi (penyelidikan) melalui pertanyaan terbuka, menerapkan pengetahuan untuk menghasilkan produk. Selain itu, dalam pembelajaran ini “ disetting ” agar peserta didik yang lebih aktif dalam pembelajaran dengan bekerja sama dalam satu kelompok. [2] Pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu model pembelajar...

7 TEMA PROJEK "P-4" PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

 7 Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila 7 Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini bisa diringkas menjadi 7 Tema Projek P-4 ditentukan oleh Kemendikbudristek yang dapat dilihat di Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang dapat dikembangkan dan dilaksanakan sesuai karakteristik dan potensi yang ada di satuan pendidikan atau sekolah masing-masing. 7 Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini dikeluarkan oleh Pusat Pembelajaran dan Asesmen Balitbangbuk Kemendikbudristek. Terdapat panduan yang disiapkan yaitu berdasarkan jenjang pendidikan di PAUD, SD/MI, SMP/MTS dan SMA/SMK/MA Sekolah atau madrasah memilih Tema yang dijadikan Program Tahunan (ProTa) sesuai bulan pelaksanaan dari setiap tema.   Prota projek disusun bersama dengan para guru terutama yang terlibat di kegiatan proyek. dan dapat melibatkan peserta didik untuk menyusun prota tersebut. Dalam hal ini Pemerintah Daerah dan satuan pendidikan dapat mengembangkan tema m...

UAS Genap English X SMA Juni 2016

YAYASAN PENDIDIKAN BAKTI JEBUS SMA BAKTI PARITTIGA Lembar Soal SUBJECT : ENGLISH DAY/DATE : 01/June/2016 CLASS/SEMESTER : X-1-X-2/Genap TIME : 90 MINUTES CHOOSE THE RIGHT ANSWER BY CROSSING THE LETTER A, B, C, D, OR E! TEXT 1 Sarah and Her Stepmother Once upon a time, there was a beautiful girl called Sarah, who lived with her stepmother. Her stepmother was very bossy, greedy, and arrogant. She hated Sarah a lot. One day when her father was working outside, the stepmother hit Sarah and expelled her from house. She went outside and walked far away from the house. Suddently, she saw a big melon farm and went it. After that she hid in a big melon. She used to go out of the melon and get her food. One day a prince visited the farm and saw the big melon. “Cut this melon. I want to eat it,” the prince said. The prince’s guard started to cut the melon but they heard a voice fro it. Sarah said, “Don’t cut me, please!” They were all surprised at this situation. The prince said, “Who ...